CARA MEMBEDAKAN BAHAN KAIN CHAMBRAY DAN KAIN DENIM

CARA MEMBEDAKAN BAHAN KAIN CHAMBRAY DAN KAIN DENIM

Banyak yang mengira kain chambray sama dengan kain denim. Sepintas memang tampak mirip tapi, sebenarnya jika dilihat lebih detail keduanya jelas berbeda.

Kain denim dibuat jauh lebih dulu sebelum chambray. Adapun yang membuat kedua kain tersebut terlihat mirip karena bahan kain chambray dan denim menggunakan warna benang yang sama yaitu biru dan putih, hanya saja kain chambray memiliki tenunan yang berbeda dengan denim.

Meskipun keduanya sama-sama menggunakan serat cotton tetapi, jenis ketebalan benang yang dipakai berbeda.

Baca Juga : Ketahui 4 Fakta Menarik Bahan Kain Chambray Untuk Kemeja

Selain itu keduanya pun memiliki warna kain atau corak yang khas dan unik. Perbedaan yang paling mencolok antara chambray dan denim adalah permukaan bagian depan kain denim terlihat lebih gelap daripada bagian belakang, sedangkan chambray bagian depan dan belakangnya tidak terlalu jauh perbedaan warnanya.

Lalu bagaimana cara membedakan antara kain chambray dan denim?

Meskipun menggunakan benang dan serat cotton yang sama, tetapi hasil akhirnya berbeda. Bahan chambray memiliki susunan serat yang cukup rapat dalam bentuk vertikal dan horisontal, sedangkan bahan denim memiliki serat yang berbentuk diagonal yang menjadikan tekstur bahannya lebih tebal. Kain chambray mempunyai ciri khas seperti benang warna putih lebih banyak terlihat dibandingkan dengan denim.

Untuk kamu yang kurang menyukai pakaian berbahan tebal dan berat saat dipakai seperti denim, kamu bisa memilih alternatif lainnya dengan menggunakan kain chambray dengan motiof yang hampr sama tetapi ketebalannya berbeda. Kain chambray cenderung lebih tipis dan lebih adem dipakai dibandingkan dengan denim. Walaupun begitu, kedua bahan kain tersebut sangat kuat dan tidak mudak sobek.

Bahan denim yang tebal lebih banyak digunakan sebagai bahan dasar celana, jaket jeans hingga sepatu. Sedangkan kain chambray yang tipis dan lembut lebih sering dipakai sebagai bahan baju atasan seperti kemeja, karena lebih mudah dijahit.

Kain chambray mempunyai banyak warna, sedangkan denim hanya warna tertentu saja sehingga terkesan monoton.

Bahan chambray dan denim mempunyai keguanaan yang cukup beragam untuk dijadikan pakaian, keduanya mempunyai peminatnya tersendiri hal itu membuat popularitas denim dan chambray seakan tidak pernah mati.

Semoga ulasan singkat mengenai perbedaan kain Chambray dan kain denim ini bermanfaat, jadi kamu tidak perlu bingung lagi  membedakan kedua kain tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.