FAKTA SEPUTAR OLAHRAGA RUGBY DI PON XX 2021

FAKTA SEPUTAR OLAHRAGA RUGBY DI PON XX 2021

Rugby adalah olahraga bola besar yang dimainkan oleh dua tim, cara main olahraga rugby yaitu pemain diperbolehkan untuk menyepak, melontar, dan mempertahankan bola menggunakan tangan untuk bisa meraih skor sebanyak-banyaknya. Selain permainnanya yang unik, bentuk bola rugby pun bentuknya tidak seperti bentuk bola pada umumnya, bola rugby berbentuk lonjong sehingga mudah di bawa.

Olahraga rugby mungkin masih kurang populer di Indonesia, namun olahraga asal Inggris ini tetap banyak diminati terutama di beberapa negara bekas jajahannya seperti New Zealand, Australia, dan Afrika Selatan. Serta beberapa negara lain seperti India, Irlandia, Jepang, Skotlandia, Brazil, Laos, hingga Kenya dan Amerika Serikat.

Poloshirt Baju Kaos Kerah Rugby Jawa Barat Warna Putih Lacoste 30s

Di Indonesia sendiri ada organisai yang menaungi olahraga rugby yaitu Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) yang telah berdiri sejak tahun 2004. Dalam website rugbyindonesia.or.id mereka sering mengabadikan berbagai kegiatannya seperti pelatihan, festival dan pertandingan yang telah diikuti.

Walaupun di Indonesia rugby masih asing, hal itu tidak membuat olahraga rugby kehilangan peminatnya, terlebih saat ini olahraga rugby mulai gencar diperkenalkan, seperti kegiatan perkenalan rugby di 8 provinsi dalam Kerjasama PRUI dengan JICA dan RKU.

Kali ini Towa konveksi akan mengulas beberapa fakta unik seputar olahraga rugby yang akan di lombakan di PON XX 2021.

Poloshirt Baju Kaos Kerah Rugby Jawa Barat Biru Benhur Lacoste 30s

  • Rugby untuk pertama kalinya resmi dipertandingkan di PON Papua 2021, sebelumnya di PON XIX/2016 yang berlangsung di Jawa Barat, Rugby hanya sebatas eksibisi. Tetapi karena di Tanah Air cabang olahraga rugby sudah mempunyai banyak peminat dan perkembangannya terbilang bagus jadi, setelah diekbisikan maka di PON selanjutnya menjadi cabang olahraga resmi yang dipertandingkan.
  • Ada tujuh tim yang akan bertanding pada cabor rugby di PON XX 2021 diantaranya yaitu tim rugby Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali, Kalimantan Timur, dan Papua.
  • Venue Rugby PON XX Cetak 3 Rekor MURI yaitu pembangunan venue tercepat di Indonesia, venue sistem rehab dalam sisi konstruksi tercepat, dan venue dengan bentangan terbesar untuk pemasangat sintetik tercepat.
  • Venue Rugby dipindahkan ke Sentani. Sebelumnya, venue rugby sempat berpindah ke Lapangan Trikora Abepura. Tapi, karena tidak memenuhi standar akhirnya kembali ke Sentani Kabupaten Jayapura yaitu di lahan milik TNI AU karena bisa dibangun berstandar nasional bahkan internasional.
  • Rugby akan berlangsung pada 12 sampai 14 Oktober mendatang.
  • Venue Rugby PON XX Diresmikan Gubernur Lukas Enembe Akhir September.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.