KENALI PAKAIAN DINAS LAPANGAN PETUGAS PLN P2TL UNTUK MENGHINDARI PENIPUAN

KENALI PAKAIAN DINAS LAPANGAN PETUGAS PLN P2TL UNTUK MENGHINDARI PENIPUAN

Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik atau P2TL merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan, pemeriksaan, tindakan dan penyelesaian yang dilakukan oleh PLN terhadap instalasi PLN dan/atau instalasi pemakai tenaga listrik dari PLN.

Dilansir dari web.pln.co.id Petugas lapangan P2TL merupakan regu yang terdiri dari pejabat/petugas-petugas PLN yang melaksanakan pemeriksaan P2TL di lapangan.

Petugas pelaksana lapangan P2TL memiliki kewenangan untuk :

  • Melakukan pemutusan sementara atas STL dan /atau APP pada pelanggan yang harus dikenakan tindakan pemutusan sementara.
  • Melakukan pembongkaran rampung atas STL pada pelanggan dan bukan pelanggan.
  • Melakukan pengambilan barang bukti berupa APP dan peralatan lainnya.

Petugas P2TL adalah petugas lapangan yang akan datang ke rumah-rumah untuk mengecek pemakai tenaga listrik. Maka dari itu kita perlu mengetahui profil petugas P2TL supaya terhindar dari petugas gadungan.

baju poloshirt pln tanjung pura bahan lacoste cotton warna navy

Kita bisa mengetahui petugas tersebut resmi dari PLN atau bukan yaitu dengan cara mengenali pakaian dinas dan mengenakan tanda pengenal serta membawa perlengkapan P2TL yang diperlukan di lapangan.

Baju seragam memang mempunyai peran sangat penting, karena seragam seringkali dijadikan sebagai identitas perusahaan, hal itu pula yang menjadikan orang yang mengenakan seragam perusahaan lebih terlihat profesional dan tentunya memberikan trust atau kepercayaan pada orang lain. Seragam yang dipakai oleh para petugas lapangan jika resmi pastinya akan ada logo dan tulisan instansi, dan ada pula yang mencantumkan namnya pada baju seragamnya.

baju poloshirt pln bahan lacoste warna merah bordir

Seperti yang kita tahu ada banyak kasus penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan petugas PLN untuk meraup keuntungan. Kasus seperti itu tentunya tidak hanya merugikan pihak customer saja tetapi juga dapat mencoreng nama baik instansi terkait.

Maka dari itu kita perlu mengtahui profil petugas PLN. Kita bisa mengenali petugas resmi yaitu dengan cara memeriksa;

  1. Berpakaian dinas dan mengenakan tanda pengenal serta membawa perlengkapan P2TL yang diperlukan di lapangan.
  2. Membawa surat tugas resmi yang ditandatangani oleh pejabat pemberi tugas dan atau penanggungjawab P2TL.
  3. Bersikap sopan dan tertib didalam memasuki persil/bangunan pemakai tenaga listrik.
  4. Berkewajiban untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud serta tujuan pelaksanaan P2TL kepada pemakai tenaga listrik atau yang mewakili.
  5. Meminta pemakai tenaga listrik atau yang mewakili untuk turut serta mendampingi/menyaksikan selama berlangsungnya pemeriksaan.
  6. Memperhatikan keamanan instalasi ketenagalistrikan serta keselamatan umum dalam melakukan pemeriksaan dan pengambilan barang bukti.

Bagaimana Jika Rumah Anda Kedatangan Tim P2TL?
  1. Tidak perlu khawatir, tetapi terimalah dengan baik dan tanyakan identitas resmi petugas yang datang, berikut dengan surat tugasnya. Jika anda ragu dengan identitas yang ditunjukkan, segera hubungi kantor PLN terdekat.
  2. Mintalah penjelasan kepada petugas yang datang tentang maksud dan tujuan kedatangannya.
  3. Dampingilah petugas selama melakukan pemeriksaan.
  4. Baca kembali dengan teliti berkas berita acara pemeriksaan, mintalah penjelasan apabila ada hal yang masih belum dipahami. Tandatangani berita acara pemeriksaan dan mintalah 1 (satu) lembar berita acara hasil pemeriksaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.