CUSTOM SERAGAM TRAINING LATIHAN PASKIBRAKA DI KONVEKSI BANDUNG

CUSTOM SERAGAM TRAINING LATIHAN PASKIBRAKA DI KONVEKSI BANDUNG

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia di 3 tempat, yakni tingkat kabupaten/kota (di kantor bupati/wali kota), provinsi (di kantor gubernur), dan nasional (Istana Merdeka). Anggotanya berasal dari pelajar SMA/sederajat kelas 10 (tahun pertama). Seleksi anggota biasanya dilakukan pada bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus tahun itu.

Selama waktu seleksi sampai 16 Agustus, seorang anggota calon Paskibraka dinamakan Capaska atau Calon Paskibraka. Pada waktu penugasan tanggal 17 Agustus, anggota dinamakan Paskibraka, dan setelah upacara selesai, mereka menjadi Purna Paskibraka.

Tingkatan Paskibraka ada tiga yaitu:

  • Paskibraka Nasional: bertugas di Istana Merdeka
  • Paskibraka Provinsi: bertugas di pusat pemerintahan provinsi
  • Paskibraka Kota/Kabupaten: bertugas di pusat pemerintahan kota/kabupaten

Penyeleksian anggotanya biasanya dilakukan sekitar bulan April untuk persiapan pengibaran pada 17 Agustus di beberapa tingkat wilayah, provinsi, dan nasional.

Menjaelang Agustus, tentunya Paskibraka terpilih akan melaksanakan latihan untuk pengibaran 17 agustus. Maka dari itu supaya nyaman dan terlihat kompak saat latihan, biasanya mereka menggunakan seragam latihan khusus para pengibar bendera.

Pakaian seragam latihan Paskibraka terdiri dari baju dan celana training. Pakaian seragam training pun bisa dijadikan sebagai identitas, dan memberikan kebanggan tersendiri karena bisa masuk kedalam bagian pengibar bendera. Seragam dapat meningkatkan kepercayaan diri bagi yang mengenakannya dan meningkatkan jiwa korsa, sehingga terlihat lebih kompak.

Seragam training latihan Paskibraka umumnya mempunyai model baju dan celananya panjang, karena untuk melindungi tubuh dari terik matahari selama dilapangan. Dari segi desain umumnya menggunakan kaos kerah atau polo shirt yang terdiri dari 2 warna saja, cukup simple supaya nyaman di pakai untuk bergerak.

Selain desain yang minimalis, juga menggunakan bahan kain yang nyaman seperti cotton. Bahan kain tersebut lebih lembut, menyerap keringat dan adem dipakai sehingga nyaman saat dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Latihan baris-berbaris adalah aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para anggota Paskibraka, tentunya akan membuat berkeringat. Maka dari itu pemilihan bahan kain untuk seragam latihan menjadi bagian penting, demi kelancaran kegiatan. Bahan kain yang dipilih bisa berupa cotton combed atau lacoste cotton. Sedangkan untuk bahan celana ada pilihan bahan mikro atau lotto yang ringan saat dipakai, jadi tidak menghambat gerak jalan.

Apabila Anda membutuhkan seragam Training Paskibraka dan seragam kegaiatan lainnya, Anda bisa memesannya di Towa Konveksi melalui nomer kontak di bawah ini;

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.