FAKTA ATAU MITOS PAKAIAN BARU HARUS DICUCI SEBELUM DIPAKAI 

FAKTA ATAU MITOS PAKAIAN BARU HARUS DICUCI SEBELUM DIPAKAI 

freepik.com

 

Ada kesenangan tersendiri saat melihat pakaian baru, tampilannya terlihat bersih, warnanya lebih pekat, rapi dan bau khas pakaian baru membuat kita tidak sabar untuk langsung memakainya, tanpa menyadari bahwa baju baru tersebut ternyata belum dicuci.

Faktanya pakaian baru tidak berarti bersih dan aman dipakai begitu saja. Kita tidak pernah tahu selama proses produksi, penyortiran, pendistribusian pakaian itu mungkin terpapar kuman, bakteri dan jamur karena sudah bersentuhan dengan banyak hal. Sehingga beresiko menyebabkan penyakit kulit.

freepik.com

Jadi, fakta atau mitos pakaian baru harus dicuci sebelum dipakai? Jawabannya adalah fakta.

Sangat dianjurkan pakaian baru, untuk dicuci terlebih dahulu agar bersih dan nyaman dipakai. Berikut alasan pentingnya pakaian baru sebaiknya harus dicuci terlebih dulu, simak penjelasannya berikut ini;

freepik.com
  • Dicuci untuk menghilangkan kuman yang menempel di pakaian baru
freepik.com

Dengan mencuci pakaian baru sedikitnya dapat menghilangkan kuman, bakteri, atau virus yang menempel pada pakaian. Jika tidak di bersihkan organisme dan mikroorganisme tersebut dapat menyebabkan gatal, iritasi kulit, hingga jamur. Maka untuk menghindari hal tersebut, jangan lupa cuci pakaian baru setiap selesai membelinya.

  • Dicuci untuk melarutkan sisa-sisa pewarna pakaian
freepik.com

Selain terdapat bakteri, pakaian baru yang belum pernah di cuci sama sekali juga dapat berbahaya bagi badan. Itu kenapa saat merendam pakaian pertama kali biasanya akan luntur karena setiap kain mengandung zat pewarna kimia, yang menjadi bahaya adalah ketika zat pewarna tersebut menempel pada kulit sehingga menimbulkan iritasi atau alergi bagi kulit yang sensitif, reaksi yang ditimbulkan sendiri bermacam-macam. Mulai kulit kering, timbul gatal, sensasi panas, hingga ruam-ruam kemerahan.

  • Dicuci untuk melembutkan dan melenturkan kain

Pada umumnya pakaian baru itu masih terasa kaku atau keras, hal itu karena kandungan bahan kimia yang terdapat didalam pakaian masih menempel. Nah, untuk melembutkan pakaian bisa dengan cara di cuci menggunakan sabun atau detergen supaya bahan kimianya menghilang dan larut kedalam air sabun.

Itulah sejumlah alasan pentingnya mencuci pakaian baru sebelum digunakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Towa Help
Send via WhatsApp