PON XX PAPUA 2021, CABOR RUGBY JAWA BARAT BIDIK MEDALI EMAS

PON XX PAPUA 2021, CABOR RUGBY JAWA BARAT BIDIK MEDALI EMAS

TRIBUNNEWS.COM – Tim Cabang Olahraga (Cabor) Rugby Jawa Barat menargetkan medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Medali emas yang ditargetkan Jawa Barat merupakan medali emas pertama untuk Cabor Rugby pada pagelaran PON. Karena pada PON XIX 2016, Tim Rugby Jawa Barat hanya berhasil menempati posisi runner up. Sementara juara pertama Cabor Rugby pada PON XIX 2016, berhasil diraih oleh tim Rugby Bali.

Tim rugby Indonesia saat mengikuti kejuaraan Asia Rugby Sevens Trophy, 10-11 Agustus 2019, di Rugby Field, komplek Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Dok: PB PRUI (Dok: PB PRUI)

Pada PON XIX 2016 yang berlangsung di Jawa Barat, Cabor Rugby hanya sebatas eksibisi. Sementara PON XX Papua 2021, Cabor Rugby masuk sebagai cabang olahraga resmi yang akan dipertandingkan.

Baca juga: Fakta Seputar Olahraga Rugby Di Pon XX 2021

Dikutip dari laman resmi KONI Jabar, Manajer Tim Rugby Jawa Barat Aceng Ronna Syahbana mengatakan, untuk memperoleh medali emas, timnya melakukan berbagai persiapan.

“Tahun ini olahraga Rugby resmi dipertandingkan di PON, kami sangat gembira karena PON kali ini akan menjadi PON pertama,” ujar Aceng pada Kamis (2/9/2021).

“Untuk Jawa Barat tentu saja sangat serius dalam persiapannya karena kami ingin ini emas di PON pertama.”

Poloshirt Baju Kaos Kerah Rugby Jawa Barat Warna Putih Lacoste 30s

Tim Rugby Jawa Barat sudah terbentuk sejak akhir Desember 2019. Namun, berjalan secara efektif sejak Januari 2020 dan menyatakan siap menghadapi PON XX Papua 2021. Meski masa pandemi Covid-19, timnya tetap berlatih secara serius.

“Namun meski PON akhirnya diundur karena pandemi, kami tetap berlatih dan mempersiapkannya secara serius,” kata Aceng.

Aceng menyebut tidak ada kendala pada proses perekrutan para atlet Rugby. Hal tersebut dikarenakan pihak pengurus Rugby Jawa Barat dapat bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Menurut Aceng, proses seleksi dari setiap pengurus cabang berhasil mengumpulkan 137 atlet. Dari 137 atlet tersebut terdiri dari 86 putra dan 50 putri.

“Akhirnya kami mendapatkan 86 putra dan putri sebanyak 50 orang. Pihak UPI pun merekomendasikan sebanyak 30 pemain hasil seleksinya. Selanjutnya kita olah untuk membuat format tim Pelatda dan dilalukan tim pelatih,” kata Aceng.

Saat ini tim Rugby Jawa Barat tengah melakukan latihan secara efektif.

“Parameter kami untuk penampilan terbaik di PON adalah hasil try out kami ke Bali pada 24 sampai 30 Agustus lalu. Kita sudah bisa membaca lawan-lawan yang kita anggap berat,” ungkap Aceng.

Poloshirt Baju Kaos Kerah Rugby Jawa Barat Biru Benhur Lacoste 30s

Pada Januari 2020, cabor Rugby Jawa Barat menetapkan tim terpilih 24 orang, terdiri dari 12 tim putra dan 12 tim putri.

Pada PON XX Papua 2021, terdapat tujuh tim yang akan bermain pada Cabor Rugby, di antaranya;

  • ¬†Papua
  • Kalimantan Timur
  • Bali
  • Jawa Barat
  • Yogyakarta
  • DKI Jakarta
  • Banten

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul , https://www.tribunnews.com/pon-xx-papua/2021/09/04/pon-xx-papua-2021-cabor-rugby-jawa-barat-bidik-medali-emas?page=all.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.