MAKNA LOGO PERINGATAN HUT RI KE-75 KEMERDEKAAN TAHUN 2020

MAKNA LOGO PERINGATAN HUT RI KE-75 KEMERDEKAAN TAHUN 2020

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia selalu dilakukan setiap tahun, sebagai bentuk peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945 silam.

Tahun 2020 ini Indonesia merayakan hari ulang tahun yang ke 75. Meskipun ditengah pandemi seperti sekarang, pelaksanaan HUT tetap berlangsung tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan. Tidak hanya itu, untuk merayakan peringatan Kemerdekaan RI ke-75, Menteri Sekretaris Negara telah mengeluarkan Surat Edaran melalui websitenya yaitu mengimbau kepada masyarakat agar turut serta menyemarakkan Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020 dengan melaksanakan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memasang umbul-umbul, dekorasi, atau hiasan lainnya serentak sejak tanggal 1 Juli s.d. 31 Agustus 2020 dengan merujuk pada pedoman logo dan desain turunan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl yang dapat diunduh pada setneg.go.id.
  2. Memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih di antara umbul-umbul serentak mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2020.
  3. Memanfaatkan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl ke dalam berbagai media (webs,media sosial instansi, stiker kendaraan dinas dan kendaraan jemputan, souvenlr maupun merchandise instansi, dll.)

Pelaksanaan hal-hal dimaksud agar mematuhi protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-’19.

Lalu seperti apa gambar beserta makna logo peringatan HUT RI ke – 75 kemerdekaan?

 

Dalam setiap tahunnya HUT RI selalu mengusung tema dan logo yang berbeda. Dikutip dari situs Sekretariat Negara (Setneg), Selasa (21/1/2020), pembuatan logo HUT ke-75 RI memiliki relevansi dengan tujuan di periode pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin, yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan UMKM. ‘Indonesia Maju’ merupakan sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Adapun makna logo HUT RI ke-75 tahun itu adalah terinspirasi simbol perisai dalam lambang Garuda Pancasila. Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.Logo Kemerdekaan RI ke-75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan perkembangan nyata dalam bekerja mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.