HARI KESEHATAN NASIONAL KE-55 FOKUS ISU STUNTING

hari kesehatan nasional ke-55 fokus isu stunting

 

hari kesehatan nasional ke-55 fokus isu stunting

Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 november, dan tahun 2019 ini merupakan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55. Instansi kesehatan dan Germas pun memperingati HKN dengan cara upacara setelah itu melakukan beberapa kegiatan.

HARI KESEHATAN NASIONAL KE-55 FOKUS ISU STUNTING

Tema yang diangkat kali ini adalah Generasi Sehat Indonesia Unggul.

penjelasan tentang stunting

Fokus utama dari HKN tahun ini yaitu mengenai isu stunting. Stunting merupakan kondisi dimana anak memiliki tinggi badan lebih pendek atau dibawah standar dibandingkan anak-anak seusianya. Di Asia Tenggara, untul Indonesia menempati posisi ke-3 dengan jumlah stunting terbanyak. Meskipun dalam 5 tahun terakhir angka stunting telah menurun hingga 10%, tetapi stunting masih menjadi permasalahan serius.

Stunting disebabkan karena kurangnya asupan gizi dan protein pada anak masih di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Selain itu pemberian MPASI yang tidak mencukupi asupan nutrisi pun bisa menajdi penyebabnya.

Dilansir dari media tirto.id ”HKN ini mengingatkan masyarakat untuk memprioritaskan upaya promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Germas. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya,” ucap Murti Utami, Irjen Kemenkes seperti dilansir Kemenkes.go. Di beberapa daerah HKN dirayakan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti Kelas Ibu Hamil,Senam Massal, Pameran Kesehatan, Deteksi Dini Penyakit Tidak menular (PTM), Sunatan Massal dan lain sebagainya.

Di beberapa daerah Hari Kesehatan Nasional dirayakan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti Kelas Ibu Hamil, Senam Massal, Pameran Kesehatan, Deteksi Dini Penyakit Tidak menular (PTM), Sunatan Massal dan lain sebagainya.

Tentunya kegiatan tersebut tidak dilakukan dalam satu hari saja. Dengan adanya Hari Kesehatan Nasional ini bisa menjadi media untuk mengkampanyekan lebih banyak lagi mengenai hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.