• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Jenis Bahan Kaos Polos Untuk Sablon

TOWA Kaos Oblong Cotton Combed 20s Sablon SuperWhite G-Land Surf Camp Bali

Jenis bahan kaos polos untuk sablon yang saat ini beredar di pasaran terdapat banyak variannya, masing-masing jenis memiliki kualitas berbeda. Perbedaan kualitas ini didasarkan pada beberapa hal misalnya dari bahan baku pembuatannya, tebal tipisnya, keawetan, daya serap pada keringat, dan lain sebagainya.

Semakin baik kualitas bahan kaos polos tentu akan semakin nyaman untuk dipakai dan juga semakin mahal harganya. Bahan kaos polos dengan kualitas terbaik biasanya disablon untuk dipasarkan pada segmen pasar tertentu yang digunakan sebagai pakaian harian. Sedangkan jahit baju kaos polos yang memiliki kualitas kurang baik biasanya memiliki harga murah sehingga cocok dibuat untuk kegiatan kampanye partai ataupun sebagai media promosi produk.

Berikut ini kami sajikan beberapa jenis bahan kaos polos yang bisa Anda pilih berdasarkan kualitasnya:
1. Kaos Polos Bahan Katun combed (Cotton Combed)

Kaos polos jenis cotton combed merupakan salah satu kaos yang memiliki kualitas terbaik jika dibanding dengan jenis kaos lainnya. Bahan cotton combed ini terbuat dari 100% serat kapas alami, memiliki karakteristik mudah menyerap keringat, dingin dipakai, sehingga sangat nyaman dikenakan untuk wilayah yang berudara tropis seperti Indonesia.

Kaos polos dengan bahan cotton combed diproduksi dengan finishing yang disisir (combed) agar serat-serat kapas halus. Dengan serat benang yang lebih halus inilah sehingga bahan kaos polos cotton combed memiliki tekstur lebih lembut dan mudah untuk dirapikan. Kaos jenis ini biasanya banyak digunakan untuk bahan kaos distro ataupun merek ternama yang beredar di supermarket.

Ada beberapa ukuran ketebalan yang digunakan untuk membuat kaos polos jenis cotton combed. Tebal tipisnya bahan kaos ini dibedakan berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasinya (gr/m2). Ukuran yang digunakan untuk membedakan cotton combed satu dengan yang lainnya adalah dengan menggunakan angka yang diiringi huruf “S” di belakangnya yang berarti single knit (rajutan jarum tunggal).

Beberapa ukuran yang populer beredar di pasaran diantaranya cotton combed 20s, 24s, 30s, dan 40s. Semakin besar angka yang disebutkan artinya semakin tipis bahan kaos polos yang dimaksud. Jika mengacu dari ukuran tadi maka bahan kaos dengan ukuran 20s adalah yang paling tebal, dan bahan kaos 40s memiliki ketebalan paling tipis. Bahan kaos yang sering digunakan untuk distro pada umumnya menggunakan cotton combed 20s dan 30s. (baca juga : Merintis Usaha Rumahan Cetak Sablon)
2. Kaos Polos Bahan Katun Cardet (Cotton Cardet)

Kaos polos dengan bahan katun cardet terbuat dari bahan baku 100% kapas murni sebagaimana bahan kaos cotton combed. Perbedaannya, jika katun combad melalui proses finishing khusus sehingga menghasilkan tekstur kain yang halus, sedangkan katun kardet tidak melalui proses finishing sehingga memiliki serat benang yang kurang halus dan kurang rata karena masih terdapat serat-serat kapas halus yang tersisa..

Ada kualitas tentu juga ada harga. Bahan kaos polos dari katun cardet memiliki harga yang lebih murah daripada katun combad. Meski memiliki harga lebih murah namun kaos dengan bahan ini masih tetap nyaman dipakai karena masih bisa menyerap keringat dengan baik. Kaos dengan bahan ini biasanya dipasrkan untuk kalangan menengah dan juga menengah bawah, seperti untuk kaos seragam pabrik, kaos olahraga, kaos event, dan lain sebagainya.

Leave a Comment