• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Konveksi Kaos Bandung Hadapi Persaingan dari Luar Jawa Barat

Usaha garmen seperti konveksi kaos kerap diidentikkan dengan Bandung dan sekitarnya, terutama dengan popularitas sentra distro dan bisnis konveksi seperti area Jalan Surapati. Bandung menjadi acuan utama bagi peminat bisnis konveksi dan penjualan kaos, baik polos maupun kaos sekelas distro. Akan tetapi, atmosfer bisnis kini semakin meluas, dan Bandung menghadapi persaingan dari wilayah lain dalam usaha konveksi kaos. Dua area yang mulai populer dengan produk kaosnya antara lain Pontianak dan Yogyakarta.

towa-kaos-kerah-rugby-bandung

Konveksi Kaos Sekelas Bandung di Pontianak
Seperti dilansir Pontianak Post, ibukota Kalimantan Barat ini ternyata telah memiliki banyak tempat usaha distro dan konveksi kaos. Numeriq, salah satu nama yang cukup terkenal, telah menjual beragam kaos distro selama lebih dari satu dekade. Walaupun masih mengambil produk dari Bandung, distro ini telah meluaskan pasar ke pusat konveksi lain, seperti Yogyakarta dan Solo. Sama seperti distro-distro Bandung, Numeriq mementingkan keunikan desain sebagai ciri khasnya, sehingga memberi ciri spesial bagi pemakainya.

Distro ini hanyalah satu dari sekian banyak usaha serupa, termasuk konveksi kaos, yang telah banyak beredar di Pontianak. Ini adalah satu contoh luasnya potensi bisnis konveksi kaos, sekaligus menunjukkan aroma persaingan yang mewarnai bisnis pakaian di berbagai daerah, termasuk berkurangnya dominasi Bandung sebagai pusat konveksi, distro, dan usaha garmen sejenis. Jejaring sosial, sistem bisnis dan pemasaran daring serta meningkatnya tren usaha modal kecil di kalangan muda membuat bisnis kaos tak lagi menjadi dominasi Bandung.

towa-kaos-tangan-panjang-liftguard

Konveksi Kaos: Persaingan Bisnis dengan Ciri Khas
Pengusaha kaos di Bandung menyadari adanya persaingan ketat antar bisnis konveksi kaos dan toko kaos distro yang mulai menyebar di berbagai daerah. Untuk menghadapi persaingan, para pengusaha kaos menonjolkan ciri khas tertentu dalam kaos buatan mereka, misalnya desain yang mengikuti tren spesifik atau penggunaan kultur lokal dalam desain. Pengusaha di daerah yang berbeda biasanya juga menggunakan atau memesan merk berbeda untuk stok bisnis konveksi kaos, sehingga membedakan ciri khas antar pengusaha satu dan lainnya dari segi stok produk.

Musim tertentu ikut mendongkrak potensi penjualan kaos oleh pengusaha konveksi kaos di berbagai daerah, seperti musim liburan sekolah, lebaran, Natal, dan jelang Tahun Baru. Omset penjualan pada musim-musim tertentu ini bisa naik lima kali lipat dibanding hari biasa, memberi potensi keuntungan bisnis bagi pemilik bisnis dan toko di daerah lain di luar Bandung, terutama bagi yang ingin memesan kaos dengan harga lebih murah karena ongkos distribusi dan pengiriman berkurang drastis.

Bisnis konveksi kaos kini semakin menemukan pasarnya di berbagai daerah di luar Bandung, dan para pengusaha pun bersiap menghadapi persaingan yang semakin hebat dalam usaha garmen ini.

Leave a Comment