• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Konveksi Kaos Partai Dulang Rejeki Menjelang Pilkada

Pilkada serentak yang akan diadakan tanggal 9 Desember tahun ini membawa berkah bagi pemilik usaha konveksi kaos di berbagai daerah di Indonesia. Usaha pembuatan kaos partai menjadi salah satu usaha musiman dengan potensi penghasilan terbesar, dan para pemesan bisa punya banyak pilihan dari beragam jasa konveksi kaos. Akan tetapi, baik pemesna maupun pemilik usaha juga cenderung waspada terhadap beberapa aspek risiko yang marak terjadi di tengah perkembangan bisnis musiman macam ini.

towa_kaos_kerah_rugby_bandung

Konveksi Kaos Partai dan Langkah Mengurangi Resiko
Salah satu masalah yang sering dihadapi pemilik usaha konveksi kaos partai adalah konsumen dari pihak partai yang memesan kaos dalam jumlah besar, membayar uang muka, namun menghilang setelah musim kampanye pemilihan selesai. Karenanya, pemilik jasa pembuatan kaos di berbagai daerah mulai menetapkan sistem pemesanan yang lebih ketat untuk mengurangi resiko tertipu atau merugi akibat pemesan nakal.

Sebagai contoh, beberapa pemilik jasa konveksi kaos di Bandung mulai menerapkan langkah seperti pembatasan pemesanan awal yang hanya bisa diterima 20 hingga 30 persen dari jumlah pesanan seluruhnya. Para pemilik jasa konveksi ini juga menetapkan keharusan penyerahan uang muka yang lebih besar di awal, misalnya sebesar 75 hingga 90 persen, sebelum mengerjakan pesanan kaos partai. Hal ini juga sebagai langkah antisipasi untuk mengurangi kerugian akibat pemesan nakal yang kabur atau menghilang tanpa membayar sisa kewajiban pembayaran setelah kampanye usai.

Konveksi Kaos: Usaha Musiman Beromset Besar
Musim kampanye politik dan pemilu memang membuat usaha konveksi kaos menerima permintaan membludak, namun menurut beberapa pengusaha kaos di kota-kota besar di Indonesia, permintaan yang membanjir tidak serta-merta memberi peningkatan omset yang besar, walaupun memang ada kenaikan. Jika dibandingkan, persentase peningkatan omset dari pesanan kaos partai jauh lebih rendah dari pesanan untuk institusi atau korporat, yaitu hanya sekitar 10 hingga 15 persen. Sementara itu, pesanan besar dari korporat atau institusi bisa memberi kenaikan omset sebesar sekitar 25 persen.

towa_kaos_tangan_pendek_telkomsel

Kecilnya persentase omset yang diperoleh usaha konveksi kaos disebabkan oleh fakta bahwa pesanan kaos partai kebanyakan menggunakan bahan termurah, misalnya pyget. Kualitas sablonan kaos partai juga biasanya tidak begitu bagus, karena kaos ini hanya dikenakan saat musim kampanye. Kendati demikian, pesanan kaos partai untuk usaha konveksi kaos tetap menjadi salah satu sumber keuntungan musiman saat musim kampanye tiba.

Rata-rata pemilik usaha pembuatan kaos bisa menggarap antara 2,000 hingga 10,000 helai kaos, tergantung kemampuan si pemilik usaha. Karena bahannya yang murah, rata-rata kaos kampanye hanya dibanderol sekitar 10.000 hingga 15.000 Rupiah per helai, sementara yang sedikit berkualitas bisa dibanderol sekitar 50.000 Rupiah. Pemilik usaha konveksi kaos pun yakin bahwa musim kampanye akan selalu memberi omset tambahan yang cukup signifikan walaupun mematok harga murah.

Leave a Comment