GUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL MENUJU SENSUS PENDUDUK INDONESIA 2020

GUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL MENUJU SENSUS PENDUDUK INDONESIA 2020

Setiap sepuluh tahun sekali, Indonesia akan mengadakan sensus penduduk secara serentak. Kegiatan ini merupakan sebuah proses untuk mendapatkan informasi mengenai populasi dalam satu daerah dan jumlah penduduk secara keseluruhan. Di Indonesia sendiri  terdapat beberapa macam sensus yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) diantaranya yaitu Sensus Penduduk, Sensus Pertanian dan Sensus Ekonomi. Pelaksanaan Sensus Penduduk dilaksankan setelah Indonesia merdeka tepatnya pada tahun 1945. Kemudian sensus penduduk yang terbaru akan dilaksanakan kembali pada tahun 2020 mendatang. Supaya sensus penduduk berjalan dengan lancar, akurat, terkini dan menyeluruh maka berbagai persiapan pun telah dilaksanakan oleh berbagai pihak khususnya oleh BPS.

Cara atau teknik sensus dalam setiap tahunnya tentu berbeda-beda, karena hal itu mengikuti perkembangan zaman. Seperti pada tahun 2020 mendatang, dalam mengumpulkan data BPS akan melibatkan teknologi digital untuk mempermudah sensus penduduk. Teknologi yang dimaksud yaitu dengan memakai aplikasi untuk smartphone dan website berupa Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) dan Computer Assisted Web Interviewing (CAWI). Namun metode sensus penduduk berbasis digital ini akan dilakukan secara mandiri oleh masing-masing orang. Dengan menerapkan inovasi-inovasi baru berbasis teknologi tentunya dalam pengumpulannya pun diharapkan akan lebih cepat dan akurat.

Sensus Penduduk ini adalah kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan, karena nantinya data hasil Sensus Penduduk yang akan digunakan pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan dalam masalah kependudukan. Begitu pentingnya hasil Sensus Penduduk 2020, maka diharapkan masyarakat Indonesia dapat ikut berkontribusi dalam mendukung pelaksanaan sensus penduduk pada tahun 2020 mendatang. Diharapkan  dengan adanya data yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagaiaman mestinya dan dipergunakan dengan baik, terutama oleh pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan.

Leave a Comment