• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Beberapa Fungsi Baju Seragam Kerja

Polo Shirt American Standart

Baju seragam kerja muncul sejak manusia sudah mengenal dengan namanya peradaban di dunia ini, tidak hanya seragam kerja saja namun juga berbagai seragam seperti seragam sekolah, seragam komunitas dan masih banyak lagi lainnya. Hal ini terbukti ketika kita mengenal sejarah dan kehidupan manusia ketika jaman sejarah, kita bisa melihat bahwa tentara kerajaan pada jaman dahulu kala telah menggunakan pakaian seragam, tidak hanya itu saja namun dayang-dayang kerajaaan pun juga menggunakan seragam yang sama.
baju_kerja_modernDahulu kala banyak sekali kerajaan yang ada dan muncul, dengan seragam kerajaan tentu akan membedakan satu kerajaan dengan kerajaan yang lainnya. Indonesia mengenal pakaian seragam sejak beberapa ratus tahun yang lalu, terlihat dari relief yang melekat pada candi maupun beberapa kitab kuno.
Adapun baju seragam pada umumnya dibuat sebagai penegak keteraturan, ketertiban dan wibawa untuk seluruh pengguna seragam. Dari jaman ke jaman seragam mengalami beberapa perubahan mulai dari bentuknya, modelnya dan beberapa variasi pun mulai berkembang.
Saat ini seragam kerja pun telah banyak dipakai oleh beberapa lapisan masyarakat. Mulai dari pegawai negeri, warga sipil, pegawai swasta, sampai di kalangan yang berbau militer seperti TNI, ABRI dan POLRI.
Di kalangan pelajar pun seragam mulai diberlakukan sejak bangku taman kanak-kanak ( TK ), Sekolah Dasar ( SD ), SMP, SMK. Di bangku perguruan tinggi pun seragam masih diberlakukan contohnya saja perguruan tinggi dalam bidang pariwisata, kesehatan dan kebidanan. Setiap hari mereka menggunakan seragam yang sama.
Pakaian Seragam Itu Penting
Saat ini Indonesia mengalami peningkatan dalam hal ekonomi. Ditandai dengan banyaknya pusat perbelanjaan yang didirkan dan banyaknya bisnis franchise yang ada di Indonesia. Hotel dan apartemen pun juga banyak didirikan saat ini. Tentu pekerja yang terlibat di dalamnya membutuhkan baju seragam kerja yang digunakan saat mereka akan bekerja. Seragam itu akan membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Memang selama ini baju seragam kerja digunakan sebagai identitas bagi sebuah perusahaan.
Seragam memang dijadikan sebagai kebutuhan pokok dan kebutuhan utama bagi satu perusahaan. Coba saja kita bayangkan, saat sebuah hotel besar dan berbintang tidak memiliki seragam kerja untuk para karyawannya tentu hal ini akan menyulitkan mengatur karyawan yang bekerja. Apalagi jika para pekerjanya tidak memakai pakaian yang sama, tentu akan menyulitkan pelanggan dan pihak manajemen hotel yang tidak dapat membedakan mereka. Seragam kerja juga dijadikan sebagai pemudah bagi pihak pelanggan maupun pihak manajemen dalam hal pengaturaan yang dilakukan oleh HRD saat mengatur para pekerja yang bekerja di dalamnya.

Seragam juga penting untuk hal efisisensi dan penghematan anggaran pakaian konveksi bandung yang dikeluarkan perusahaan. Dengan seragam kerja juga diharapkan masyarakat dan pelanggan mengenal lebih jauh lagi dan lebih dekat dengan perusahaan. Selain sebagai simbol bagi perusahaan, ternyata seragam juga memiliki efek bagi pekerja yang memakainya. Efek yang dihasilkan dapat berupa perasaan bangga ketika memakai seragam tersebut, perasaan bangga biasanya dirasakan oleh kalangan militer, pendidikan dan kesehatan. Coba lihat saja seseorang yang sudah diterima menjadi salah satu anggota militer, tentu orang itu akan sangat bangga ketika dia menggunakan seragamnya itu.
Begitu pula dengan seorang guru yang memakai seragam kerja seorang guru, rasa bangga pun akan menyelimuti dirinya. Dokter, perawat dan tenaga medis tentunya akan sangat bangga ketika menggunakan seragam dinas atau seragam kerjanya. Namun ada juga seragam kerja yang memiliki efek rasa malu dan minder ketika memakainya. Memang perasaan orang satu dengan yang lainnya akan sangat berbeda-beda. Begitu juga dengan penilaian orang yang juga berbeda-beda terhadap seragam yang dikenakannya. Perasaan bangga yang dihadirkan dikarenakan seseorang mampu meraih kedudukan yang tinggi atau dapat masuk ke dalam perusahan atau instansi yang terkenal.
Tentu pemakai seragam akan merasa sangat bangga karena mampu meraih karir pada perusahaan yang besar dan terkenal. Hal yang berbeda akan ditunjukkan ketika seseorang hanya mampu bekerja pada perusahaan yang kecil dan memiliki kesan yang buruk tentu pekerjanya akan malu ketika menggunakan seragam itu. Orang itu juga akan merasa malu ketika dia bertemu dengan temannya yang bekerja pada perusahaan yang lebih tinggi dan lebih besar dibandingkan dengan perusahaannya yang bekerja.
Perasaan minder tentu akan berpengaruh pada kinerja seseorang, jika orang minder tentu kinerjanya tidak maksimal dengan begitu perusahaan tidak akan mendapatkan untung. Bukankah perusahaan menggaji karyawannya agar karyawan bisa memajukan dan memberikan keuntungan bagi perusahaan? Tidak bisa dibayangkan jika perusahaan mengalami kerugian, tentu hal yang lebih buruk akan menimpa karyawannya. Dampak buruk itu bisa berupa PHK dan perusahaan gulung tikar. Oleh sebab itu dimanapun Anda bekerja, bekerjalah secara maksimal.
Fungsi Baju Seragam Kerja
Seragam bisa diartikan sebagai pakaian yang memenuhi standar bagi perusahaan dan dikenakan oleh seluruh anggota perusahaan baik itu karyawan pria maupun karyawan wanita, instansi maupun organisasi. Seragam juga memiliki beberapa manfaat dan fungsi diantaranya adalah sebagai berikut :
Seragam kerja mampu meningkatkan motivasi bagi para pekerja
Seragam kerja dapat emningkatkan keefektifan karyawan
Memberikan kesan professional
Sebagai pembeda antara satu divisi dengan divisi lainnya sehingga memudahkan pihak managemen untuk membedakan karyawannya dan membagikan tugas kepada mereka
Seragam kerja juga bisa digunakan sebagai pelindung bagi karyawan
Seragam juga diharapkan bisa memberikan rasa kenyamanan bagi para pekerja yang memakainya, jangan sampai malah sebaliknya
Seragam juga bisa dijadikan sarana promosi bagi perusahaan dan instansi.

Leave a Comment