• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Pakaian Seragam – Busana Khas Sebagai Identitas Anda

Pakaian seragam merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Pakaian menunjukkan suatu bentuk peradaban dan menjadi sebuah identitas seseorang. Hal ini salah satunya ditunjukkan oleh pakaian seragam. Kecenderungan manusia untuk membentuk entitas sosial menjadikan banyak dibuatnya pakaian seragam. Baju seragam, saat ini sudah menjadi bagian dari trend fashion dalam masyarakat.

Pakaian seragam dibuat untuk menciptakan sebuah identitas bagi suatu kelompok. Dengan menggunakan seragam, seseorang akan mendapatkan kesan kepemilikan terhadap kelompoknya sehingga loyalitas seseorang terhadap kelompoknya semakin tinggi.

Melalui loyalitas yang lebih tinggi, dia akan menghasilkan kinerja terbaiknya. Jika bersekolah, dia akan mengenakan seragamnya dengan bangga dan mengharumkan nama sekolah melalui karya-karyanya. Selain itu, menggunakan seragam akan menjadikan suatu kelompok terlihat lebih menarik dan rapi.

Kelompok atau organisasi yang sudah menjadikan baju seragam sebagai suatu keharusan adalah organisasi militer, organisasi pendidikan, dan lembaga-lembaga pemerintah. Setiap desain baju seragam organisasi tersebut memiliki filosofi yang berbeda-beda.

Selain itu, baju seragam juga menjadi simbol bagi organisasi tersebut. Kita akan mengetahui seseorang berprofesi sebagai polisi melalui pakaian seragam yang digunakan. Kita akan mengetahui seseorang bersekolah di mana dan dalam jenjang berapa melalui seragamnya juga. Oleh karena itu, seragam merupakan simbol yang memberikan informasi mengenai seseorang.

Pakaian seragam yang dimiliki oleh beberapa organisasi-organisasi tersebut biasanya lebih dari satu dan setiap seragam memiliki fungsi penggunaannya masing-masing. Fungsi penggunaan ini dapat dilihat berdasarkan hari penggunaan maupun acara yang berkaitan dengan baju seragam.

Bagi manusia, bentuk pakaian menjadi bagian dari adaptasi serta budaya yang mereka lakukan. Oleh karena itu, pakaian seragam biasanya difungsikan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

Selain fungsi, ada beberapa prinsip sendiri dalam menentukan baju seragam, yaitu sebagai berikut.

1. Latar Belakang

Dalam menentukan baju seragam, terdapat latar belakang yang berisi maksud dan tujuan dibuatnya suatu seragam tertentu. Melalui prinsip latar belakang ini, baju seragam akan memiliki filosofi sehingga tidak hanya menjadi pakaian untuk dikenakan, tetapi pakaian yang saat memakainya menjadi bagian dari pencapaian latar belakang baju seragam tersebut ada.

2. Kesamaan

Keseragaman identik dengan kesamaan, sifat, dan karakteristik manusia yang heterogen sehingga menjadikan manusia menyenangi beberapa bentuk kesamaan. Dengan adanya kesamaan, manusia akan merasakan bahwa dirinya tidak sendiri dan memiliki rasa senasib sepenanggungan.

Perasaan ini akan menjadikan suatu kelompok merasa lebih kokoh dan kuat. Oleh karena itu, dalam menentukan pakaian seragam diperlukan pertimbangan bentuk kesamaan atau keseragaman apa yang akan diciptakan.

3. Kenyamanan Pakaian Seragam

Pakaian seragam merupakan pakaian yang dibuat dalam jumlah banyak atau massal. Meski demikian, dalam membuat baju seragam perlu diperhatikan prinsip kenyamanan. Nyamannya sebuah baju seragam akan menjadikan seseorang senang menggunakan pakaian tersebut sehingga baju seragam dapat digunakan dengan nyaman sesuai dengan fungsi yang dibawanya.

4. Desain Baju Seragam

Sebagai sebuah pakaian, seragam tidak dapat terlepas dari trend fashion. Hal yang berkaitan dengan tren fashion adalah desainnya. Desain baju seragam sebaiknya merupakan desain yang netral dan banyak digemari orang karena baju seragam akan menyeragamkan selera banyak orang yang berbeda-beda terhadap desain suatu pakaian. Oleh karena itu, desain baju seragam sebaiknya dibuat dengan desain yang sederhana, namun tetap elegan dan menarik.

Berdasarkan prinsip-prnsip tersebut, diharapkan orang-orang akan senang dan nyaman dalam menggunakan baju seragamnya sehingga tujuan dari dibuatnya baju seragam tersebut akan tercapai.

Pakaian Seragam Kantor

Selain organisasi pemerintah, organisasi militer, dan organisasi pendidikan, pakaian seragam juga biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan swasta. Misalnya saja, perusahaan pertelevisian yang memberikan baju seragam bagi pegawainya, baik bagi reporter, editor, kameramen, dan pegawai dengan tugas-tugas lainnya.

Pakaian seragam yang digunakan oleh sebuah perusahaan biasanya disebut dengan baju seragam kantor, yaitu baju seragam yang dikenakan saat sedang menjalankan pekerjaannya.

Desain baju seragam kantor biasanya disesuaikan dengan bidang pekerjaan suatu perusahaan. Misalnya, perusahaan yang bergerak di bidang properti atau perbankan, maka desain baju seragam kantornya formal berbentuk kemeja berkerah baik lengan pendek maupun lengan panjang. Desain formal ini bertujuan untuk menciptakan kesan resmi bagi baju seragam tersebut.

Selain kemeja, untuk perusahaan yang bergerak di bidang ini akan menambahkan blazer, dasi, rok atau celana sebagai baju seragam kantor mereka. Jadi, baju seragam yang dikenakan sudah full satu set pakaian. Namun, ada juga yang hanya menyeragamkan atasan atau kemejanya saja dan memberikan kebebasan pakaian bagian bawahannya.

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif, desain baju seragam kantor yang dibuat pun lebih kreatif dan menarik serta tidak bersifat  formal. Pakaian seragam perusahaan semacam ini biasanya berbentuk kaos tanpa kerah ataupun kaos kerah seperti desain-desain kaos Polo Shirt.

Perusahaan industri kreatif yang menggunakan desain bahan kaos sebagai baju seragam kantornya, biasanya ditujukan untuk kebebasan dan kenyamanan karyawannya sehingga dapat bekerja dengan lebih fleksibel dan kreatif.

Pakaian seragam kantor baik yang berbentuk formal maupun santai pada intinya sama-sama bertujuan untuk menciptakan identitas seorang pegawai suatu perusahaan yang menjadi informasi bagi masyarakat dan penyeragaman sebagai bentuk rasa kepemilikan yang membentuk loyalitas pegawai terhadap perusahaannya.

Selain itu, dengan adanya pakaian seragam kantor, para pegawai tidak perlu mengalami kebingungan dalam mengatur gaya pakaian keseharian mereka sehingga menjadikan mereka lebih cepat melakukan persiapan diri sebelum berangkat menuju kantor.

Meski demikian, perusahaan dapat juga memberikan beberapa hari bebas untuk tidak menggunakan pakaian seragam kantor agar para pegawai tidak jenuh dan bosan dengan gaya pakaian yang mereka kenakan selama bekerja, sekaligus memberikan efek refresh bagi lingkungan kantor.

Pakaian Seragam Komunitas

Manusia adalah makhluk sosial. Artinya manusia selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupan mereka, salah satunya dalam pergaulan. Oleh karena itu, manusia senang untuk membentuk kelompok-kelompok atau komunitas-komunitas kegiatan dalam keseharian mereka.

Komunitas dalam masyarakat biasanya dibentuk atas dasar kesamaan hobi dan minat atau kesamaan profesi. Komunitas yang ada di tengah masyarakat misalnya komunitas motor, komunitas penggemar sepeda ontel, komunitas fotografi, komunitas traveler, dan sebagainya. Komunitas-komunitas tersebut biasanya membuat baju seragam untuk kalangan mereka mereka sendiri.

Pakaian seragam komunitas memiliki tujuan yang sama dengan baju seragam lainnya yaitu sebagai sebuah identitas. Oleh karena itu, desain-desain baju seragam komunitas selalu memunculkan nama komunitas mereka.

Selain nama, seragam komunitas juga disesuaikan dengan karakteristik komunitas mereka. Misalnya saja komunitas motor, baju seragam yang mereka buat biasanya berbentuk jaket atau rompi untuk touring yang dilengkapi dengan kantong-kantong dan emblem-emblem organisasi mereka.

Berbeda dengan komunitas fotografi, desain baju seragam mereka biasanya berbentuk kemeja lapangan dengan saku-saku berkancing dan lubang sirkulasi udara di kemeja bagian belakang. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi mereka karena mereka banyak menggerakan tubuh.

Baju seragam komunitas juga banyak yang dibuat dengan desain yang unik, misalnya saja seragam komunitas sepeda ontel yang membuat seragam bagi komunitas mereka dengan desain model baju seragam yang digunakan pada masa sepeda ontel menjadi kendaraan untama masyarakat.

Jadi, desain baju seragam untuk komunitas ini adalah desain pakaian di masa itu. Hal ini memberikan sensasi menyenangkan bagi mereka karena mereka dapat merasakan dan memberi kesan penggunaan sepeda ontel seperti masa lalu. Melalui cara ini, baju seragam yang dibuat memiliki latar belakang untuk memberikan sensasi masa lalu yang layak untuk dilestarikan.

Berdasarkan hal-hal tersebut, menentukan pakaian seragam dapat dilakukan dengan mengacu pada profesi, hobi, dan minat serta kreativitas yang mewakili pengguna pakaian seragam tersebut. Dengan demikian, baju seragam dapat menjalankan fungsinya dalam melahirkan identitas, bentuk kesamaan, dan kenyamanan berpakaian.

Untuk memenuhi kebutuhan pakaian seragam Anda, silahkan menghubungi kami: Konveksi TOWA Wear Industries

081320900412 / 02293830424

 Sumber: anneahira

Leave a Comment