• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Sablon Kaos dan Konveksi Bandung Sambut Teknologi Internet

Bandung terkenal dengan industri konveksi dan sablon kaos, tapi popularitas bisnis ini membuat persaingan semakin tinggi. Pedagang dan pengusaha modal kecil harus lebih kreatif dalam hal bisnis dan pemasaran. Untungnya, semakin banyak inisiatif pemanfaatan teknologi untuk mencapai keuntungan bisnis dan jangkauan pemasaran yang lebih luas. Salah satunya adalah yang baru-baru ini dilakukan Direktorat Entreprise & Business Service di PT Telkom Indonesia.

Dalam kampanye dan kegiatan Bandung Goes Digital, PT Telkom bekerjasama dengan Koperasi Sentra Kaos Suci untuk meningkatkan potensi bisnis kecil dan menengah di bidang produksi dan sablon kaos lewat teknologi, terutama teknologi internet dan aplikasi bisnis.

towa_kaos_kerah_sinar_warna_dadap

Sablon Kaos Diuntungkan dengan Akses Internet Serat Optik
Terkait dengan program pemasangan serat optik sebagai sarana akses internet di berbagai daerah, Telkom bekerjasama dengan Koperasi Sentra Kaos Suci untuk memasang teknologi akses internet dengan menggunakan serat optik. Dengan teknologi ini, sekitar 2,000 pengusaha kaos seperti sablon kaos dan konveksi yang tergabung dalam kelompok koperasi tersebut dapat memanfaatkan akses internet yang lebih cepat dan bisa diandalkan untuk mengelola serta mengembangkan bisnis. Salah satunya terkait analisis minat konsumen terhadap desain kaos.

Marnawi Munamah, ketua Koperasi Sentra Kaos Suci, mengungkapkan bahwa salah satu aspek yang bisa ditingkatkan adalah analisis tren desain dan produk sablon kaos. Menurutnya, kebanyakan pengrajin dan penyablon kaos di koperasinya hanya mengandalkan naluri saat mencari tren dan inspirasi desain sablon, khususnya yang sedang diminati. Dengan akses internet yang lebih cepat, produksi dan desain sablon kaos bisa lebih bervariasi, dan produsen juga bisa membaca tren dengan lebih cepat.

towa_kaos_tangan_pendek_rbnt

Sablon Kaos Bandung Manfaatkan Aplikasi Bos Toko
Selain mendapat keuntungan dari teknologi internet serat optik, pemilik usaha sablon kaos dan konveksi yang bergabung dalam Koperasi Sentra Kaos Suci kini juga bisa memanfaatkan aplikasi buatan Telkom yang mudah digunakan. Bos Toko (Bisa Online untuk Semua Toko) adalah aplikasi pendukung pengelolaan bisnis yang memberikan layanan pengelolaan inventori, pencatatan transaksi (penjualan, pembelian, utang-piutang), pendataan stok, hingga kalkulasi rugi-laba.  Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah dipahami sehingga siapapun bisa menggunakannya, termasuk pemilik bisnis kecil menengah seperti usaha sablon kaos dan konveksi.

Aplikasi Bos Toko menjadi pendukung usaha sablon kaos dan konveksi yang dinaungi Koperasi Sentra Kaos Suci, karena bisa membantu pebisnis kecil mengelola dan bahkan mengembangkan bisnis menjadi cabang-cabang, menggunakan sistem yang mirip dengan yang digunakan korporasi besar, namun lebih mudah dipahami. Apalagi, para pengusaha kecil ini sudah akrab dengan program seperti Microsoft Office, serta pembuatan blog dan penjelajahan internet, sehingga proses adaptasi dalam penggunaan aplikasi cukup mudah.

Dengan adanya kerjasama teknologi ini, diharapkan industri sablon kaos, konveksi dan bahkan bisnis kecil lain di Bandung bisa mendapat keuntungan lebih dalam pengelolaan dan pengembangan.

Leave a Comment