• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Sablon Kaos Jalan Surapati Populer Hingga ke Luar Bandung

Jalan Surapati Bandung telah menjadi sentra distro, konveksi, grosir dan sablon kaos Kota Kembang sejak tiga dekade silam. Kini, Jalan Surapati telah menjadi area usaha kaos dengan ratusan kios yang berderet sepanjang tiga kilometer. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai kios dan toko di Surapati mendapati membludaknya pesanan dari luar Bandung bahkan luar Jawa, utamanya setelah meningkatnya kepopuleran jejaring sosial dan kios daring yang mempermudah promosi produk seperti kaos distro, kaos kerah dan sebagainya.

towa-kaos-karang-taruna-kerawang

Sablon Kaos Surapati Dapati Mayoritas Pesanan dari Luar Bandung
Sejak tahun 2000, berbagai pusat usaha konveksi, grosir, toko distro dan sablon di Jalan Surapati mendapati peningkatan drastis jumlah pesanan dari luar Bandung. Menurut salah satu pemilik jasa sablon dan kios distro di Surapati, 60 hingga 70 persen pesanan biasanya justru datang dari luar Bandung. Para pembeli memesan sablon kaos dengan desain khas dan eksklusif untuk dijual secara eceran atau di kios daring, dengan mengusung nama Bandung yang telah identik dengan kaos berkualitas distro.

Hal ini berbeda dengan tren sebelum tahun 2000, dimana pesanan dari dalam Kota Bandung sendiri biasanya berkisar sekitar 60 hingga 70 persen dari keseluruhan jumlah pembelian. Kebanyakan pembelinya adalah kaum muda, baik yang memesan sablon kaos untuk dikenakan sendiri, maupun dijual secara eceran. Kawula muda yang melek teknologi informasi menjadi salah satu pelanggan paling potensial, walaupun pemilik konveksi dan sablon juga masih bergantung pada pesanan tetap seperti seragam sekolah dan pelanggan eceran, terutama bagi mereka yang sudah memiliki pelanggan tetap.

Sablon Kaos dan Grosir Alami Peningkatan Omset Musiman
Pemilik konveksi dan sablon kaos di Surapati juga masih bergantung pada pesanan musiman seperti pesanan menjelang tahun ajaran baru, awal tahun dan pemilihan umum, yang bisa meningkatkan omset hingga 60 persen. Jika dalam sebulan sebuah toko bisa memenuhi 40 pesanan, musim pemilu dan tahun ajaran baru bisa memberi sekitar 120 hingga 150 pesanan per bulan, dimana masing-masing pesanan bisa berjumlah sekitar selusin. Omset musiman ini tak datang tiap hari, namun keuntungan yang signifikan membuat para pemilik usaha tak segan bersusah-payah memenuhi pesanan yang membludak.

towa-kaos-tangan-pendek-champions-school

Rata-rata pemilik kios sablon dan konveksi kaos di Jalan Surapati menyewa kios mereka, dan hanya sekitar 30 persen yang memiliki kios atau toko mereka sendiri. Oleh karena itu, para pemilik kios dan toko ini harus bersaing dalam hal kreatifitas, terutama jika mereka menawarkan jasa sablon kaos dengan desain eksklusif.

Jalan Surapati menawarkan lokasi strategis dan potensi bisnis melimpah bagi pemilik usaha sablon, grosir dan konveksi kaos. Akan tetapi, kreatifitas dan kemampuan membaca pasar tetap menjadi andalan para pemilik usaha sablon kaos dan konveksi di area terkenal ini.

Leave a Comment