• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Baju Seragam yang Lestarikan Motif Batik Jawa Barat

Seragam bermotif batik kini sudah jamak dilihat, namun baju seragam batik ala Batik Sekar Putri menjadi contoh kisah sukses bisnis produksi batik cap yang sekaligus merayakan keberagaman motif batik Jawa Barat. Dirintis oleh Rienny Yuniarti pada tahun 2013 dengan modal sebesar 15 juta Rupiah, usaha pembuatan produk batik cap ini kini telah berkembang menjadi empat galeri yang bertempat di Cimahi dan Bandung. Usaha batik ini pun menjadi contoh kesuksesan industri pakaian yang menjunjung tinggi kualitas sekaligus kesetiaan pada kekayaan dalam negeri.

seragam_batik_jawa-barat_2

Baju seragam hanyalah salah satu dari sekian banyak produk batik cap yang telah diproduksi Batik Sekar Putri. Kini, sang pemilik bahkan mengaku telah siap menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN.

Baju Seragam Batik Motif Batik Jawa Barat yang Kaya
Rienny Yuniarti mengaku bahwa bukan usaha mudah menciptakan kain batik cap dengan kualitas tinggi, desain eksklusif, serta pola-pola yang masih berdasarkan motif batik Jawa Barat, walaupun dengan modifikasi. Rienny menghabiskan setahun memelajari berbagai pola batik Jawa Barat, variasi motif, serta makna di baliknya. Baju seragam, gaun dan kemeja buatan Batik Sekar Putri mengusung motif batik dasar dari Jawa Barat seperti Curug, Pusdik, Awi, Daun Sampeu, dan Kujang. Semua motif ini kemudian dijadikan dasar untuk membuat variasi desain kreatif.

seragam_batik_jawa-barat_1

Rienny ingin agar motif batik khas Jawa Barat menjadi ciri khas produknya, agar lebih populer dan tidak punah. Selain pakaian dan kain eksklusif berharga normal, Rienny juga menciptakan lini produk yang diberi nama Sekar Putri Line, yaitu lini produk batik dengan harga jauh lebih terjangkau dan memiliki pilihan bahan yang lebih murah seperti polyester. Batik Sekar Putri juga memiliki lini konveksi yang memproduksi baju seragam dan pesanan dalam jumlah besar. Semuanya menonjolkan kekhasan batik Jawa Barat, dan memberi warna baru dalam industri pakaian di Bandung dan Cimahi.

Baju seragam dengan motif buatan Sekar Putri kini menjadi salah satu pilihan populer di kalangan perusahaan dan instansi yang menginginkan seragam batik murah namun dengan eksklusifitas desain.

Baju Seragam dan Aksesori sebagai Produk Andalan Baru
Produksi seperti konveksi baju seragam dan aksesoris terhitung baru dalam lini produk Sekar Putri, namun Rienny mantap ingin membidik semua kalangan dengan produk motif desain batik Jawa Baratnya. Konveksi seragam dan produk seperti sarung bantal, tas, sepatu, kipas, topi dan sarung ponsel kini menjadi produk yang laris terjual selain lini produk yang lebih mahal dan eksklusif. Rienny bahkan berencana membuka toko daring, serta memperluas lini produk murah Sekar Putri Line di luar baju seragam kerja, misalnya seragam sekolah dan seragam nonbatik.

Leave a Comment