• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Sejarah Lahirnya Sumpah Pemudah, 28 Oktober 1928

index

Sejarah Lahirnya Sumpah Pemudah, 28 Oktober 1928. Selamat hari sumpah pemuda, ya hari ini memang tepat dimana para pemuda bersumpah bertanah air satu tanah air Indonesia, Berbahasa satu bahasa Indonesia.

Lahirnya sumpah pemuda juga merupakan awal sejarah dari kekuatan bangsa Indonesia untuk menyatukan seluruh wilayah ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meredeka dan berdualat.

Sejarah Lahirnya Sumpah Pemuda

Sejarah lahirnya sumpah pemuda dimulai pada tahun 1926 dimana para tokoh PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajara Indonesia) dan para cendikiawan muda mencetuskan ide gagasan mengenai menyatukan seluruh organisasi berbasis pemudah di seluruh wilayah Nusantara.

Tahapan demi tahapan dimulai dari beberapa kali pertemuan sampai di tahun 1927 tepatnya 20 Bulan Februari namun tetap belum mencapai hasil final.

Lalu pada Bulan mei tahun 1928 diadakan pertemuan lagi, dan juga dilanjutkan pada tanggal 12 Bulan agustus 1928. Di pertemuan terakhir ini dihadiri seluruh organisasi pemuda dan juga diputuskan untuk mengadakan Kongres kepada bulan oktober 1928, dengan susunan panitia dengan tiap jabatan dibagi kepada satu organisasi pemuda.

Agustus 1928 disusunlah susunan panitia kongres yang melibatkan berbagai organsisasi pemuda yang ada. Tidak hanya dari PPPI, tetpai juga dari Jong Java, Jong Soematranen Bond, Jog Celebes, dan seterusnya. Tokoh-tokoh seperti Sugondo Djojopuspito, Muhammad Yamin, hingga J. Leimena muncul dalam kepanitian tersebut.

Kongres Pemuda selanjutnya berlangsung selama dua hari, yaitu Sabtu dan Minggu 27-28 Oktober 1928. Para rapat penutupan di hari terakhir kongres, diperdengarkanlah lagu Indonesia Raya gubahan W.R. Supratman. Ketika itu lagu tersebut hanya dimainkan dengan biola tanpa syair.

Rumusan Sumpah Pemuda sendiri ditulis oleh Moehammad Yamin yang disetujui oleh Soegondo Djojopuspito sebagai ketua pantitia kongres.

Leave a Comment