SEJARAH SINGKAT KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI)

SEJARAH SINGKAT KOMITE OLAHRAGA NASIONAL INDONESIA (KONI)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) merupakan sarana dan alat mencapai tujuan organisasi. KONI memiliki tugas pokok merencanakan, mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan dan peningkatan prestasi Atlet, kinerja Wasit, Pelatih dan Manajer,guna mewujudkan prestasi keolahragaan nasional menuju prestasi internasional, serta turut memperkokoh persatuan dan kesatuan dan ketahanan nasional dalam rangka mengangkat harkat serta martabat Indonesia.

Saat ini KONI di ketuai oleh Marciano Norman periode 2019-2023. 

SEJARAH SINGKAT KONI

KONI dibentuk pada 15 Oktober 1938 yang pada awal dikukuhkan bernama Ikatan Sport Indonesia (ISI) kemudian mengalami perubahan lagi menjadi Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI). Pada awal dibentuknya ISI sebagai organisasi olahraga yang mewadahi seluruh aspirasi perkumpulan olahraga, dan merupakan bentuk perjuangan bangsa Indonesia melalui olahraga pertandingan multi event.

Pada 25 Desember 1965 dibentuk Sekretariat Bersama Induk-induk Organisasi Cabang Olahraga. Muncul gagasan untuk mengganti Dewan Olahraga Indonesia menjadi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sebagai organisasi yang mandiri dan bebas dari pengaruh politik.

Surat Keputusan Presiden Nomor 143A dan 156A tahun 1966 mengukuhkan dibentuknya KONI sebagai pengganti Dewan Olahraga Indonesia (DORI).

KONI (baru) dibentuk oleh Induk Organisasi Olahraga pada 31 Desember 1966 yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan KOI diketuai oleh Sri Paku Alam VIII. KONI dikukuhkan dengan SK Presiden Nomor 57 Tahun 1967.

KONI adalah badan mandiri dan non pemerintah, artinya kegiatan olahraga kembali kepada masyarakat, sebagai mitra membantu pemerintah dibidang olahraga, tidak dikendalikan kelompok kekuasaan dan bebas dari kepentingan politik.

VISI KONI

KONI mempunyai tujuan mewujudkan prestasi olahraga yang membanggakan ditingkat dunia, membangun watak, mengangkat harkat dan martabat dan karakter kehormatan bangsa dalam rangka ikut serta mempererat, membina persatuan dan kesatuan bangsa, serta memperkokoh ketahanan nasional

MISI KONI 

– KONI menjadi induk organisasi yang profesional, modern dan mandiri

– Pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan

– Turut serta mengembangkan Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism

 

Sumber : https://koni.or.id/sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.