• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Mengenal Berbagai Jenis Jahitan Kaos

Polo Shirt Logo Bordir Boulevard Hotel Ternate

Dalam pembuatan kaos terdapat beberapa macam jenis atau tipe jahitan yang sering digunakan dan menjadi standar mutu dari buat baju kaos tersebut. Antara lain seperti Jahit Obras, Jahit Overdeck, Jahit Rantai dan Jahit Lurus. Untuk detail jenis jahitan pada kaos akan diulas lengkap dibawah ini.

JAHIT OBRAS

Jahit obras adalah salah satu jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin high speed , fungsinya untuk menggabungkan 2 potongan menjadi satu, untuk kaos biasanya digunakan untuk menggabungkan antara rib dengan potongan kain badan, potongan badan satu dengan yang lain dan juga potongan badan dengan potongan tangan. Jenis jahit obras tersedia mesin yang menggunakan benang 3,4dan 5 benang dan menggunakan 1 atau 2 jarum. Secara umum konveksi kaos-kaos distro biasanya menggunakan jenis jahit obras dengan benang 4 dan jarum 2.

JAHIT RANTAI

Seperti namanya jahit rantai ini menghasilkan jahitan seperti rantai. Jahit rantai biasa digunakan untuk menjahit dari pundak kiri , belakang leher dan pundak kanan. Sebenarnya ini awalnya hanya salah satu teknik jaitan yang mempermudah pengerjaan kaos, tapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas, karna dilihat dari hasilnya cukup rapi dan unik. Untuk jahit rantai ini terdapat kain atau yang disebut bis yang berfungsi sebagai penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

JAHIT OVERDECK

Jahit Overdeck adalah salah satu jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Jahitan jenis ini biasanya digunakan pada bagian lengan dan bawah kaos. Kain dilipat dan dirapihkan jaitannya oleh mesin ini. Mesin ini pun bisa dimodifikasi menjadi salah satu jahitan yang bernama jahit kumis, jahit overdeck menggunakan 3 benang dan 2 jarum sedangkan jahit kumis itu menggunakan 5 benang dan 3 jarum.

JAHIT LURUS

Jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Jahitan ini jarang digunakan pada kaos standar distro tetapi digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

Dalam usaha konveksi dikenal beberapa jenis mesin jahit dengan fungsi, kecepatan dan hasil jahitan yang berbeda. Pada dasarnya mesin jahit biasa dapat digunakan untuk menjahit kaos tetapi hasilnya tidak akan sebaik jika menggunakan mesin yang biasa digunakan untuk industri kaos. Mesin jahit yang umum digunakan antara lain adalah mesin jahit high speed, mesin obras, mesin overdeck dan mesin jahit jarum dua rantai.

Model Jahitan Kaos di atas adalah model dasar untuk seluruh bagian kaos distro. Jenis Jahitan tersebut sudah dapat dipastikan memiliki ketahanan dan keawetan suatu kaos bagi penggunanya.

Leave a Comment