• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Mengenal Jenis dan Macam Bahan Kaos

Polo Shirt Prasekolah Putik Durensawit2

Ada bagus nya sobat tahu jenis-jenis bahan buat baju kaos. Yach minimal secara garis besar nya saja…hehe. (kalo detil nya yach ahli nya aja dech).
Saya akan coba berbagi kepada sobat, tentang jenis bahan kaos. Tapi kalo kurang detil mohon di per sorry ya…

Bahan Hyget
Bahan Hyget Bahan hyget biasa digunakan untuk kaos partai dan kaos bola. Bahan jenis ini merupakan bahan yang termurah diantara bahan-bahan kaos. Bahannya mengkilat dan tidak menyerap keringat saat digunakan. Bahan hyget sendiri dibagi menjadi hyget tipis, hyget sedang, dan hyget tebal. Hyget tipis biasa digunakan untuk kaos partai, pilkada, dan kampanye. Hyget sedang biasa digunakan untuk konveksi kaos bandung promosi, kaos event, kaos tour, kaos bola, dll. Sedangkan hyget tebal merupakan bahan yang bisa
didapat dengan budget murah tetapi tetap berkualitas. Hyget tebal biasa digunakan untuk promosi, event, family gathering, souvenir, bola atau futsal, dll.

Hyget super
Hyget super adalah kain hyget dengan ketebalan gramasi diatas 100 grsm-(110) gsm. Hyget super adalah hyget dengan strata tertinggi dari kaos partai murah. Karena harga jualnya juga cukup tinggi diantara harga bahan kaos partai lainya.
Ciri hyget super setingannya adalah seting badan 45 inc.

Dry Fit
Ada sebagian orang yang menyebutnya Serena. Bahan yang disebut sebagian orang paling cocok untuk bahan kaos bola. Bahan ini tipis tapi cukup kuat. Selain itu bahan ini tidak panas dan mampu mengalirkan keringat dengan baik sehingga mudah kering ketika sedang berkeringat.

Polyester (PE)
Bahan ini terbuat dari serat sintetis/buatan dari hasil olahan minyak bumi. Karena itu jenis kaos berbahan ini tidak bisa menyerap keringat dan panas jika dipakai. Bahan ini tidak begitu populer digunakan.

TC (Teteron Cotton)
Bahan ini terbuat dari campuran Cotton dan Polyester. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali. Harganya yang lebih murah dibanding bahan Cotton juga membuatnya banyak diminati.

Paragon
Bahan untuk kaos olah-raga. Secara ampilan terlihat bagus, namun bahan ini ebih berat jika dibandingkan dry fit dan kurang cepat mengering. Bahan ini lebih cocok dipakai untuk kaos basket jika dibandingkan kaos bola karena desain kaos basket yang tidak berlengan akan menutupi kekurangan bahan ini yang kurang cepat kering.

Lacoste
Lacoste adalah sebutan populer untuk bahan berkerah (polo shirt). Lacoste sebenarnya bukanlah jenis bahan kaos tetapi merek kaos yang banyak menggunakan bahan ini. Nama bahan yang sebenarnya adalah Cotton Pique (CP). Bahan ini memiliki ciri pori-pori kain yang bercorak.

Cotton / Katun
Kainn kaos katun ini dibagi menjadi dua macam, yaitu : Cotton Combed dan Cotton Carded.

A. Cotton Combed
Serat benang lebih halus, hasil       rajutan dan penampilan lebih rata dan halus. Daya tahan terhadap shrinkage (susut bahan) cukup baik

B. Cotton Carded
Serat benang kurang halus, hasil rajutan dan penampilan bahan kurang rata dan agak kasar. Daya tahan terhadap shrinkage (susut bahan) kurang baik Karena terbuat dari bahan katun 100% / serat kapas, kedua jenis bahan Cotton ini bisa menyerap keringat sehingga dingin dan nyaman ketika digunakan.

Cotton Combed dibedakan menjadi beberapa jenis. Dilihat dari ketebalannya, Cotton Combed dibedakan menjad 20s, 24s dan 30s. Dimana 20s adalah Cotton Combed yang tebal, 24s agak tebal dan 30s tipis. Selain itu, Cotton Combed dibedakan juga berdasarkan kualitas kelembutan bahannya, bahan kelembutannya standar adalah bahan Cotton Combed, yang lebih lembut (tingkat kelembutan menengah) adalah Soft Cotton Combed, dan yang paling lembut adalah Soft Cotton Combed (Premium).

Leave a Comment