• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Baru Masuk Dunia Kerja? Jangan Asal Berpakaian

Kemeja seragam kerja
Bekerja sesuai keahlian tentunya diharapkan banyak orang. Bukan hanya keahlian, tapi hal sederhana lain seperti berpakaian konveksi murah juga harus jadi perhatian para pekerja pemula.

Terlebih jika bekerja di bank-bank atau perusahaan-perusahaan dagang yang dituntut untuk berpakaian rapi.

1. Kenali tempat kerja Anda

Sesuaikan pakaian dengan rekan kerja, atasan dan klien. Anda dituntut untuk terlihat profesional setiap saat. Harus diperhatikan, setiap perusahaan memberikan peraturan berpakaian konveksi murah yang berbeda-beda.

Bukan hanya itu, bahkan setiap departemen dalam satu perusahaan bisa memiliki aturan yang tak sama. Sebelum mulai kerja, pelajari semua peraturan berpakaian di perusahaan yang akan ditempati. Jangan sampai Anda salah kostum nantinya.

2. Kenakanlah pakaian yang wajar

Pakailah kemeja dengan warna-warna polos, baik abu atau biru. Anda juga bisa mengenakan pakaian konveksi murah bermotif garis-garis, tapi ingat untuk tetap tampil wajar. Amati terlebih dahulu pakaian yang boleh Anda pakai di perusahaan tertentu.

Jika Anda bosan dengan kostum polos, Anda bisa memodifikasi pakaian Anda dengan dasi, atau motif pakaian lain yang tak berlebihan. Lakukan setidaknya dua minggu sekali saja sebagai variasi.

Tapi bukan berarti Anda bisa menggunakan pakaian berbahan wol, karena sebagai siswa magang, Anda akan terlihat berlebihan.

3. Ingat, tak semua kantor mengharuskan seragam kerja

Jika Anda bekerja di kantor-kantor kasual, Anda bisa menggunakan pakaian yang tak terlalu resmi. Untuk jaga-jaga jika ada urusan bisnis yang bersifat resmi, Anda tetap harus mempersiapkan kemeja konveksi murah , blazer atau pakaian formal lainnya.

4. Jangan pakai sepatu murah

Setidaknya Anda harus memiliki satu pasang sepatu warna coklat dan satu pasang lainnya berwarna hitam. Jangan pernah pakai sepatu murah ke kantor, karena itu akan menunjukkan selera dan kelas Anda rendahan. Bukan berarti Anda pamer, hanya saja Anda akan terlihat lebih siap kerja mengenakannya.

5. Jangan pakai sepatu tanpa tali

Di beberapa perusahaan, mengenakan sepatu tanpa tali merupakan hal yang tabu sampai Anda memegang jabatan tertentu. Pakailah ketika berkencan, jangan saat Anda kerja di kantor.

6. Jangan pakai brekel (tali selempang)

Jika Anda baru mulai kerja di perusahaan dagang atau bank, hindari memakai brekel ke kantor.

7. Jika Anda memakai manset, jangan lupa pakai jaket

Jangan pernah memakai manset ke kantor tanpa menggunakan jaket untuk menutupinya. Rekan kerja di kantor akan menganggap Anda tak bisa memantaskan kostum yang Anda pakai.

8. Jangan terlalu formal

Menggunakan tiga rangkap pakaian konveksi murah ke kantor, kemeja, jas, blazer dan lainnya akan membuat Anda terlihat sangat formal. Dan hal tersebut terlalu berlebihan untuk seorang yang baru kerja.

9. Pakai dasi yang sesuai

Pilihlah dasi dengan model klasik dan sederhana. Anda juga boleh sesekali mengenakan dasi berpola, tapi ingat pilihlah yang sederhana.

10. Pastikan Anda punya kemeja berwarna putih dan biru polos

Kemeja putih dan biru yang polos bisa Anda pasangkan dengan kostum lain dengan warna apapun. Meski begitu, kemeja dengan kerah berkancing akan terlihat kurang formal. Semakin lebar kerah kemeja Anda, maka semakin formal kelihatannya.

11. Jangan pakai kemeja bersaku

Bagi para pekerja pemula memakai kemeja bersaku akan membuatnya terlihat mencolok. Anda memang harus memilikinya, tapi bukan berarti Anda memakainya ke kantor saat kerja.

12. Pakai kaos kaki yang sederhana

Pastikan warna kaos kaki yang Anda pakai sesuai dengan warna baju yang digunakan. Sesekali Anda bisa memakai kaos kaki dengan pola-pola tertentu. Ingat, jangan pakai kaos kaki dengan warna atau model yang terlalu mencolok.

13. Pakailah pakaian yang cocok dengan Anda

Anda mungkin menganggap seragam kerja yang Anda beli bagus untuk dipakai. Tapi jangan salah, membeli pakaian bagus bukan berarti Anda cocok memakainya.

14. Pakailah pakaian yang membuat Anda nyaman dan percaya diri

Berpakaianlah sebaik-baiknya. Meski begitu, jangan melebihi gaya atasan, karena Anda akan dianggap sengaja dan tak mau kalah. Yang paling penting, saat Anda memakainya, Anda bisa merasa nyaman dan percaya diri.

15. Kenakan pakaian yang sesuai ukuran badan

Seringkali lengan atau bagian pakaian lain yang terlalu panjang dan kebesaran bisa membuat Anda terlihat buruk. Jangan takut menggunakan jasa penjahit untuk menghasilkan pakaian yang sesuai dengan bentuk dan ukuran tubuh Anda.

Leave a Comment