• : (+62) 22 87771999
  • HP / WA : (+62) 81324800858

Mengenakan Pakaian Yang Sesuai di Tempat Kerja

towa_kaos_kerah_agam_pilarpilar_kesejahteraan

Pakaian Yang Sesuai di Tempat Kerja Mengenakan pakaian seragam kerja yang tepat dan sesuai di tempat kerja (baca kantor) merupakan hal yang wajar dan harus dilakukan entah itu pimpinan maupun karyawan. Pakaian yang pas akan menunjang suasana kerja sehari-hari.

Berinteraksi dengan bos, rekan kantor atau klien akan terasa nyaman bila pakaian seragam kerja yang dikenakan menunjukkan bahwa diri kita adalah seorang pekerja dan selalu memperhatikan penampilan. Penampilan merupakan hal yang tak boleh diabaikan saat bekerja di kantor.

Penampilan ibarat cermin yang menunjukkan siapa diri kita. Jika penampilan wajar dan sesuai maka orang akan melihat kita pantas, begitu pun sebaliknya. Penampilan adalah salah satu identitas, meski tak selamanya tepat. Yang pasti penampilan adalah kesan yang pertama muncul.

Mungkin sebagian orang masih bingung saat memilih dan mengenakan pakaian yang sesuai di kantornya. Nah, tips berikut bisa menjadi panduan Anda dalam memilih pakaian untuk rutinitas di kantor. Yuk simak sama-sama ulasan tips memilih pakaian seragam kerja kantor.

Pahami Aturan Berpakaian di Tempat Kerja

Tiap perusahaan atau kantor biasanya mempunyai aturan tertentu mengenai aturan berpakaian seragam kerja bagi pimpinan maupun karyawan. Nah, sebagai pekerja tentu Anda harus menyesuaikan diri atau sesuatu yang dikenakan berdasarkan aturan di tempat kerja Anda.

Bagi karyawan kantor swasta misalnya kebijakan berpakaian yang diwajibkan biasanya adalah mengenakan kemeja panjang, dasi dan celana panjang (bukan jeans) bagi pria. Sedangkan bagi wanita memakai kemeja wanita, dasi wanita dan celana panjang atau rok. Jangan terlalu transparan dan seksi ya!

Biasanya di hari-hari tertentu, akhir pekan misalnya, pimpinan dan karyawan mengenakan pakaian seragam kerja yang lebih santai dan berwarna. Kadangkala kantor juga mewajibkan karyawannya mengenakan pakaian yang sudah ditentukan dan seragam. So, sesuaikanlah dengan aturan kantor.

Pilih Kemeja dan Celana dengan Warna Pantas

Tak aturan harus mengenakan kemeja atau celana warna apa di kantor. Namun bagi sebagian besar kantor bisnis atau swasta, penggunaan warna pakaian dibebaskan. Asal tetap menggunakan kemeja dan celana panjang bukan jeans.

Anda bisa menggunakan warna-warna cerah untuk pilihan kemeja, seperti putih, hijau muda, biru muda, merah, dan lain-lain. Untuk pilihan warna celana panjang bisa mengenakan warna hitam atau abu-abu. Anda bisa mengkombinasikan warna yang sesuai. Umpamanya kemeja berwarna hijau maka celana yang cocok adalah hitam.

Upayakan satu atau dua hari memakai pakaian yang warna berbeda dari hari-hari sebelumnya. Agar makin menambah wibawa dan kesan elegan kemeja bisa dibalut dengan jas. Jas akan membuat penampilan lebih percaya diri di kantor. Itulah tips memilih pakaian kantor.

Kenakan Sepatu yang Sesuai

Baik pimpinan maupun karyawan kantoran biasanya mengenakan sepatu jenis kulit atau sejenisnya sebagai penutup kaki. Meski sepatu yang dikenakan tak harus merek terkenal dan harga yang fantastis, namun penggunaan sepatu yang bersih dan sesuai dengan pakaian layak diperhatikan.

Kenakan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki, membuat kaki nyaman, dan tidak tergelincir atau terpeleset saat berada di kantor atau tempat kerja. Bagi wanita sepatu biasanya memakai hak (heels) agar terlihat tinggi. Sepatu model flat bisa menjadi pilihan jika tak terbiasa memakai sepatu berhak.

Penggunaan warna sepatu bisa menyesuaikan dengan pakaian atau celana. Warna gelap bisa jadi pilihan saat bekerja di kantor. Hitam dan coklat misalnya. Jangan lupa untuk membersihkan sepatu sebelum berangkat kerja.

Kenakan Aksesoris Tambahan

Agar lebih menunjang penampilan, memakai aksesoris tak boleh diabaikan. Gunakan aksesoris yang pantas misalnya jam tangan atau perhiasan standar bagi perempuan. Hindari mengenakan aksesoris yang berlebihan yang membuat pimpinan maupun rekan kerja terheran-heran.

Selain beberapa tips memilih pakaian kantor di atas, hal lain yang penting diperhatikan adalah kebersihan diri. Tubuh yang kotor dan bau akan mengganggu kinerja Anda meski pakaian yang dikenakakan bersih.

Leave a Comment